Bahaya Mencuci Daging Ayam Mentah

Happy weekend people! Himaproter Cerdas hadir kembali dengan edisi ke-22. Kali ini kita akan membahas tentang bahaya mencuci daging ayam mentah. Nah buat kalian yang suka mencuci daging ayam mentah, yuk disimak artikelnya 🙂

donts

Mencuci daging ayam mentah ternyata tidak membunuh kuman, justru beresiko menyebar bakteri lebih banyak. Menurut penelitian, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mencuci daging unggas mentah dapat menyebarkan bakteri dan meningkatkan risiko keracunan pada tubuh. Salah satunya adalah bakteri kampilobakter. Bakteri ini menjadi salah satu penyebab paling umum seseorang mengalami keracunan makanan. Selain kampilobakter, daging ayam mentah juga berpotensi mengandung bakteri lainnya seperti Salmonella, E. Coli, dan enterokokus.

Ketika terinfeksi bakteri kampilobakter, gejala yang akan dirasakan adalah sakit perut dan diare. Gejala muncul dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kondisi bisa menyebabkan komplikasi jika orang yang terinfeksi adalah anak-anak, orang tua, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan rendah seperti pengidap HIV dan kanker. Komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi kampilobakter adalah: Infeksi menyebar ke organ tubuh lain seperti sendi, hati dan pankreas. Keracunan darah atau septikemia. Keguguran pada ibu hamil.Sindrom Guillain-Barre (kelainan langka yang menyebabkan kerusakan pada sistem saraf).

Daging ayam mengandung protein tinggi dan banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5), dan vitamin B6 yang berguna untuk tubuh. Jangan biarkan “tamu tidak diundang” ikut masuk ke dalam tubuh Anda. Berikut ini bisa menjadi tips-tips yang dapat berguna dalam memasak dan menyimpan daging ayam yang masih mentah.

Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah menyentuh daging ayam mentah dan peralatan masak. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran. Daging ayam mentah tidak perlu dibilas dengan air karena semua bakteri akan mati saat proses memasak. Mencuci daging hanya akan meningkatkan risiko penyebaran bakteri. Kegiatan mencuci makanan tidak selamanya bermanfaat dalam menyingkirkan kuman. Upayakan untuk memasak makanan Anda dengan sempurna karena ini adalah cara yang paling efektif.

Nah sekarang sudah tau kan bahayanya mencuci daging ayam mentah.  Sampai jumpa di Himaproter Cerdas edisi selanjutnya! Semoga bermanfaat 🙂

Sumber: alodokter.com

#HimaproterCerdas

#MasifEkspansif

#HimaproterKita

#Himaproter2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s